Temui Pejabat Pemkab, UIN KHAS Jember Ajukan Kiai Haji Achmad Siddiq Jadi Pahlawan Nasional

News, limaloka.com – Sejumlah Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad (UIN KHAS) datangi Kantor Pemerintah Kabupaten Jember untuk mengusulkan Kiai Haji Achmad Siddiq sebagai Pahlawan Nasional. Jum’at, 17 Maret 2023.

Ketua Tim Pengusul UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Halim Soebahar menyebut, pihaknya sengaja menemui sejumlah Pejabat Pemkab Jember, untuk memintai pendapat dan saran atas inisiatif pengusulan gelar tersebut.

“Kami butuh saran, agar tidak salah langkah dalam melaksankan tugas ini,” Ucap Prof. Halim saat beraudiensi.

Prof. Halim menjelaskan, alasannya kenapa kemudian KHAS penting diberi gelar Pahlawan, mengingat ketokohan, kepakaran dan karya besar yang dilahirkan KHAS selama ini menjadi penguat bagi keutuhan NKRI.

Di samping nama KHAS juga telah menempel sebagai nama Perguruan Tinggi, gagasan KHAS tentang Islam dan Pancasila, atau Agama dan Negara menjadi warisan pikiran emas bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tentu akan memperkuat jatidiri NKRI,” paparnya.

Lanjut Prof. Halim, diantara warisan gagasan KHAS yakni Trilogi Ukhuwah (Islamiyah, Wathoniyah, Basyariyah), kekinian menjadi cara pandang yang trend dan faktual dalam mewujudkan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Keberadaan gagasan tersebut bahkan, kerap menjadi jawaban atas narasi makar yang kerap dikeluarkan oleh kelompok-kelompok garis keras. “Trilogi KHAS menjadi literasi di berbagai forum dalam mengampanyekan gagasan moderasi beragama di Indonesia,” Imbuh Prof. Halim.

Selain itu, kata Prof. Halim, KHAS tidak saja dikenal sebagai penggagas trilogi. KHAS juga merupakan tokoh yang terkenal dan disegani kala itu. Beliau menjabat sebagai Rois ‘Aam PBNU selama dua periode, “KHAS adalah Ulama yang pikirannya sangat reformis,” terangnya.

Senada dengan Prof. Halim, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Prof. Dr. Hefni Zein menguatkan, pikiran reformis KHAS ibarat permata terpendam.

Karya besar KHAS tentang kebangsaan, telah berdampak luas bagi kesejahteraan masyarakat. Termasuk dalam meningkatkan harkat dan martabat Bangsa Indonesia.

“KHAS memiliki pemikiran besar yang menunjang pembangunan bangsa dan negara,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jember, KH. M. Firjaun Barlaman menanggapi, usulan UIN KHAS Jember terkait penyematan gelar tersebut, nantinya akan direkomendasikan kepada dinas terkait untuk ditindaklanjuti.

“Usulan ini, nanti kami rekomendasikan kepada dinas terkait,” tegasnya.

Untuk mengefisiensi rencana itu, UIN KHAS Jember setidaknya menugaskan 25 Dosen dan Alumni untuk menindaklanjuti usulannya.

Satu di antaranya ditugaskan ke Jakarta, untuk melacak jejak catatan KHAS. Baik di Kantor PBNU, maupun di Perpustakaan Nasional.

Sementara lainnya, ditugaskan di Kabupaten Jember untuk melengkapi syarat adminitrasi sebelum diserahkan kepada Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) untuk diadakan penelitian dan pengkajian dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau bergabung sebagai Kontributor?

Silahkan daftarkan diri anda dengan mengisi data berikut: